Tuesday, April 2, 2019

Nggak Bisa Matematika, Apakah Termasuk Bodoh?

Dulu waktu saya masih SMP, guru matematika saya pernah berkata :

" Kalo ada orang yang nggak bisa matematika, berarti dia itu  termasuk sebagai orang bodoh!!!"


Pada saat itu, saya pun sontak tersinggung dengan perkataan guru saya. Kenapa tersinggung? Ya sudah bisa ditebak dong. Saya ini tidak bisa matematika. 

Tapi, apalah daya. Karena saya cuma murid SMP yang tidak punya argumentasi untuk mendebat guru matematika saya. Saya juga tidak berani berkata : " SAYA AKAN LAWAN." 

Hehehe... saya bukan Jokowi.

Ya sudah deh, walhasil saya cuma cicing wae alias diam saja saat dihina oleh guru matematika saya waktu SMP.

Kemudian di usia saya yang sekarang, saya merenung dan menyadari bahwa perkataan guru matematika saya waktu SMP itu tidak sepenuhnya benar. 

Karena orang yang tidak bisa matematika belum tentu bodoh. Karena setiap orang memiliki kecerdasan yang berbeda-beda. Kalau ada orang yang tidak bisa matematika, lalu dianggap sebagai orang bodoh, maka Allah tidak adil. 

Namun kenyataannya, Allah Maha Adil. Allah menciptakan manusia itu satu paket, yaitu memiliki kelebihan dan kekurangan. 

Ketika ada orang yang memiliki kekurangan, yaitu tidak bisa matematika, maka bisa jadi orang itu memiliki kelebihan, yaitu jago melukis dan bisa membuat lukisan yang harganya 1000 kali lipat lebih besar daripada gaji guru matematika. 

Bisa saja kan? 

Allah itu Maha Adil. Kita jangan meragukan Allah dan kita jangan menghina ciptaan Allah. Allah  menciptakan manusia dengan penciptaan yang paling mulia. 

Bila kita sebagai guru, maka kita tidak sepenuhnya benar dan kita tidak sepenuhnya cerdas. Kita harus tetap merendahkan hati kita terhadap siapapun. Walau terhadap murid sekalipun. 

Dengan kita merendahkan hati kita, maka mindset kita, ucapan kita, dan perbuatan kita lebih terjaga. Percayalah, semakin kita merendahkan hati kita, maka Allah tinggikan derajat kita di hadapan-Nya. 

Semoga tulisan ini bermanfaat untuk kita semua. 



Ditulis oleh : Rian Bin Taro.

Follow IG saya : @RumahkuPesantrenku

www.RumahkuPesantrenku.com.

No comments:

Post a Comment

silahkan komen dengan santun, bijak, boleh juga mengkritik, tapi tetap saling menjaga satu sama lain, akan lebih baiknya anda tidak spam. thanks